SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu
Syarat Untuk
Memperoleh Gelar Sarjana
Strata 1
Oleh:
Nama : Desi kistanti
NPM : 10261712
Jurusan: S1
PG-PAUD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN (FIP)
INSTITUT
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
VETERAN
SEMARANG
2014
PESETUJUAN
Skripsi dengan berjudul “PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEMBACAKAN BUKU
CERITA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT
NURUL FAHMI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014” telah disetujui oleh Dosen Pembimbing I dan Dosen Pembimbing II, dan disahkan
oleh Ketua Jurusan S1 PG-PAUD dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) IKIP
Veteran Semarang pada :
Hari :…………………
Tanggal :………………….
Semarang, Maret 2014
Disetujui
|
|
Pembimbing I
|
Pembimbing II
|
Dra. SRI SAYEKTI, M.Si
NIP. 196103111986032002
|
RADENI SUKMA INDRA DEWI, M.Pd
NIY. 614101983
|
|
|
|
|
Disahkan
Dekan Fakultas Ilmu
Pendidikan (FIP)
|
Diketahui
Ketua Program SKGJ PG-PAUD
|
Dra. SRI SAYEKTI, M.Si
NIP. 1961031119860320002
|
MAULIDYA ULFAH, M.Pd.I
NIY. 603121984
|
MOTTO PERSEMBAHAN
MOTTO
·
Barang
Siapa takut menghadapi kesulitan selamanya ia tak akan maju.
·
Berlaku
hati-hati tidak dimaksudkan supaya takut melakukan sesuatu, tetapi
dimaksudkan bertindak disaat yang benar.
|
PERSEMBAHAN
Skripsi ini penulis persembahkan kepada :
1. Kedua orang tuaku yang tercinta
2. Suami dan anakku yang tercinta
3. Dosen-dosen S1 PG PAUD IKIP Veteran Semarang.
4. Teman-temanku seperjuangan.
|
iv
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur,
alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan segala rahmat, hidayah dan karunia-Nya. Sholawat serta salam
terjunjung kepada Nabi Besar Muhammad saw. Penulis sangat bersyukur karena
dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik dan sesuai yang diharapkan.
Skripsi ini disusun sebagai
salah satu syarat menempuh gelar S1 PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP
Veteran Semarang.
Penulis
menyadari tanpa bantuan bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak tidak dapat
menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Untuk itu dalam
kesempatan ini dengan rasa hormat penulis mengucapkan terima kasih yang
sebanyak-banyaknya kepada:
1.
Drs. Sukoco, M.Pd, selaku
Rektor IKIP Veteran Semarang.
2.
Dra. Sri Sayekti, M.Si, selaku
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Veteran Semarang.
3.
Maulidya Ulfah, M.Pd.I, Selaku
Ketua Program SKGJ PG PAUD IKIP Veteran Semarang.
4.
Dra. Sri Sayekti, M.Si, Selaku
Dosen Pembimbing I dalam pelaksanaan penelitian dan penyusunan skripsi ini.
5.
Radeni Sukma Indradewi, M.Pd,
selaku Dosen Pembimbing II dalam pelaksanaan penelitian dan penyusunan skripsi
ini.
6.
Ayah Ibu Suami dan Anakku
tercinta yang selalu memberikan dukungan untuk menyelesaikan skripsi PTK PG
PAUD ini.
v
|
7.
Semua pihak yang tidak dapat
peneliti sebut satu persatu yang telah membambantu sehingga selesainya
penyusunan skripsi ini.
Penulis yakin dalam penyusunan skripsi ini banyak kekurangannya oleh karena
itu penulismemohon saran dan kritikkannya untuk perbaikan penulisan kedepan.
Semarang,
Mei 2014
Desi Kistanti
|
vi
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL 1
PERSETUJUAN 2
PENGESAHAN
MOTTO
PERSEMBAHAN
KATA
PENGANTAR………………………………………………………. ………..v
DAFTAR
ISI………………………………………………………………... ……….vi
DAFTAR TABEL……………………………………………………………
………..vii
DAFTAR GAMBAR………………………………………………………..
……….viii
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………. ………..ix
ABSTRAK………………………………………………………………….. ……….. x
BAB I
PENDAHULUAN…………………………………………………… ………..1
A.
Latar Belakang
Masalah……………………………………………… 1
B.
Identifikasi
Masalah………………………………………………….. 2
C.
Analisis
Masalah……………………………………………………… .2
D.
Rumusan
Masalah……………………………………………………. . 3
E.
Tujuan Penelitian……………………………………………................3
F.
Manfaat
Penelitian…………………………………………………… .3
BAB II
LANDASAN TEORI……………………………………….............. ……..4
A.
Pengertian
Berbahasa………………………………………………… 4
B.
Tujuan Pengembangan Berbahasa di
Taman Kanak-Kanak…………. 4
C.
Karakteristik Perkembangan Berbahasa
Anak Prasekolah…………… .5
D.
Empat Keterampilan
Berbahasa……………………………………… .6
E.
Mendengar, Berbicara, dan Awal
Membaca dalam
Pengembangan Berbahasa……………………………………. ………………………. 9
F.
Hipotesis………………………………………………………….......
10
BAB
III METODE DAN PELAKSANAAN PENELITIAN…….................. ……..11
A.
Metode
Penelitian……………………………………………………. ..11
B.
Deskripsi
Penelitian………………………………………………….. .14
C.
1.
Perencanaan……………………………………………………….`.14
D.
2.
Pelaksanaan
Penelitian…………………………………………… ..15
vi
|
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN…………………… ………..21
A.
Hasil
Penelitian……………………………………………………… .21
B.
Dampak
Penelitian………………………………………………….. .. 21
C.
Kendala
Penelitian………………………………………………….. ..22
D.
Faktor-faktor
Pendukung…………………………………………… .. 22
E.
Alternatif
Pengembangan…………………………………………… .. 23
F.
Pembahasan…………………………………………………………. .. 23
BAB V
PENUTUP…………………………………………………………. ……….25
A. Kesimpulan………………………………………………………….. . 25
B. Saran dan
Tindak Lanjut……………………………………………. .. 25
C. Rekomendasi
Operasional…………………………………………….. 26
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………...27
vii
|
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE
BERCERITA DENGAN MEMBACAKAN BUKU CERITA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NURUL
FAHMI TAHUN AJARAN 2013/2014
Desi Kistanti, Semarang, IKIP Veteran Semarang 2014.
Penelitian ini bertujuan : Untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa anak khususnya pada kemampuan menyimak, menceritakan
kembali, tanya/jawab dan memahami kosa kata dengan metode bercerita dengan
membacakan buku cerita anak di TK Muslimat
Nurul Fahmi tahun pelajaran 2013/2014 .
Subyek penelitian ini adalah guru dan anak pada anak
kelompok B TK Pertiwi Kalisaleh yang
berjumlah 21 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 15 anak perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan observasi dan subjek dan dokumentasi. Dari hasil analisi Bab IV
disimpulkan bahwa “Metode bercerita dengan membacakan buku cerita anak
dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada anak kelompok B di TK Muslimat Nurul Fahmi tahun pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian tindakan kelas (Class/Room Action) berbentuk
siklus-siklus seolah-olah merupakan proses daur ulang, mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Dari siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan
diperoleh hasil sebagai berikut : Siklus I prosentasi siswa yang dapat
menyimak, menceritakan kembali, tanya jawab dan menguasai kosa kata sebanyak 13
anak (64.71%), pada siklus II disajikan dengan membacakan buku cerita anak
dengan cerita yang lebih menarik, diselingi beberapa lagu yang ada dalam cerita
dan prosentase keberhasilan menjadi 18 anak (84.50%), sehingga dapat dikatakan
bahwa penelitian ini telah berhasil.
Kata kunci:
Metode bercerita dengan membacakan buku cerita anak
IKIP
VETERAN SEMARANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
Yayasan : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8501118 Searang 50233
Kampus : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8316105, 8316118, Fax (024) 631610
Semarang 50233
Email : ikpvet@yahoo.com
DenganinimenyatakanbahwaMahasiswa
yang tersebut di bawahinitelahdiujiSkripsinya :
Nama : Desikistanti
NPM : 10261712
Jurusan : S1 PG-PAUD
JudulSkripsi : Peningkatankemampuanberbahasaanakmelaluimetodeberceritadenganmembacakanbukuceritaanakkelompok
B di TK MuslimatNurulFahmi Semester II TahunPelajaran 2013/2014
Demikianberitaacaraujianskripsiinidibuat,
untukdapatdipergunakansebagaimanamestinya.
Semarang
26 Agustus 2014
Ketua, Sekretaris,
Dra.Sri
Sayekti, SH. M.Pd FiftiIstiklaili,
M.Kes
NIP.
1961031119860320002 NIY.
621051984
Tim
Penguji
1. .AgusDrsSri suhono, M.Pd (…………………….….)
NIY. 617031953
2.
Dra. Sri sayekti, M.si (…………………….….)
NIP. 1961031119860320002
3. RadeniSukmaIndraDewi,
M.Pd (…………………….….)
NIY. 614101983
IKIP VETERAN SEMARANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
Yayasan : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8501118 Searang 50233
Kampus : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8316105, 8316118, Fax (024) 631610
Semarang 50233
Email : ikpvet@yahoo.com
BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI
Pada hari Selasatanggal 26 Agustus
2014 pukul 08.00 WIB
– selesai,berdasarkanSuratKeputusan
Rektor IKIP Veteran Semarang No. : 605/IKIPVET.H/P/VII/2014 tentangDewanPengujiSkripsitanggal 21 Juli 2014 perihalpelaksanaanujianskripsiProgram Sarjana S1 Kependidikan Bagi
Guru dalam JabatanFakultasIlmuPendidikan IKIP Veteran
Semarang,denganDewanPenguji:
Susunan Dewan
Penguji Ujian Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Veteran Semarang.
- Ketua
Nama : Dra. Sri Sayekti,
M. Si
NIP / NIY : 196103111986032002
Pangkat / Golongan : Pembina / IV a
Jabatan Akademik : Lektor Kepala
- Sekretaris
Nama : Fifti Istiklaili,
M.Kes
NIY : 621051984
Pangkat / Golongan : Penata Tk. I / III b
Jabatan : Asisten Ahli
- Penguji I
Nama : Drs. Agus Sri Suhono, M.Pd
NIP/ NIY : 617031953
Pangkat / Golongan :Penatamuda / III c
Jabatan :AsistenAhli
- Penguji II
Nama : Dra.SriSayekti,M.Si.
NIP/ NIY : 19610311 198603 2 002
Pangkat / Golongan : Pembina / IV a
Jabatan : Lektor Kepala.
- Penguji III
Nama : RadeniSukmaIndraDewi, M.Pd.
NIP/ NIY :614101983
Pangkat / Golongan :PenataMuda/III a
Jabatan : -
IKIP VETERAN SEMARANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
Yayasan : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8501118 Searang 50233
Kampus : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8316105, 8316118, Fax (024) 631610
Semarang 50233
Email : ikpvet@yahoo.com
Berita
acara bimbingan skripsi
PadahariinikamisTanggal
19 September 2013 berdasarkanSuratKeputusanRektorNomor : 171/
IKIPVET.H/Q/III/2013, tertanggal23 Agusutus 2014. PerihalDosenPembimbing I
danII :
1.
Nama : Agus Sri Suhono
NIP : -
Pangkat/ Gol : -
Jabatan : -
2.
Nama : RadeniSukmaIndraDewi, M.Pd
NIY : 614101983
Pangkat/ Gol : -
Jabatan : -
DenganinimenyatakanbahwaMahasiswatersebutdibawahinitelahmenyelesaikan
proses bimbinganskripsi :
Nama : Desikistanti
NPM : 10261712
Jurusan : S1 PG-PAUD
JudulSkripsi : Peningkatankemampuanberbahasaanakmelaluimetodeberceritadenganmembacakanbukuceritaanakkelompok
B di TK MuslimatNurulFahmi Semester II TahunPelajaran 2013/2014
KIP
VETERAN SEMARANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
Yayasan : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8501118 Searang 50233
Kampus : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8316105, 8316118, Fax (024) 631610
Semarang 50233
Email : ikpvet@yahoo.com
No
|
TahapanKonsultasi
|
TanggalKonsultasi
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
PngajuanJudulSkripsi
Penyusunan Proposal
Pengesahan Proposal
IjinPenelitian
Bab I dan Bab II
Bab III
Bab IV dan Bab V
PersetujuanSkripsi
PengajuanSkripsiUntukUjian
PelaksanaUjianSkripsi
|
|
Demikianbeitaacarabimbinganinidibuatunukdapatdipergunakansebagaimanamestinya.
Pembimbing I Pembimbing
II
Agus Sri Suhono RadeniSukmaIndraDewi, M.Pd
NIY.614101983
KIP
VETERAN SEMARANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
Yayasan : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8501118 Searang 50233
Kampus : Jl.
PawiyatanLuhur IV/17 Telp. (024) 8316105, 8316118, Fax (024) 631610
Semarang 50233
Email : ikpvet@yahoo.com
BerdasarkanrapatDewanPengujiSkripsi
yang diselenggarakan di RuangSidangUjianSkripsiKampus IKIP Veteran Semarang
pada :
Hari/
Tanggal : Kamis, 26 Agusutus 2014
Waktu : 08.00 WIB – Selesai
Yang
dihadiriDewanPenguji :
1. Sri
Sayekti, SH. M.Pd
NIP.
1961031119860320002
2. Drs. Agus Sri Suhono, M. Pd
NIY. 617031953
3. RadeniSukmaIndraDewi,
M.Pd
NIY.614101983
Menetapkan
Nama : Desikistanti
NPM : 10261712
Jurusan : S1 PG-PAUD
JudulSkripsi : Peningkatankemampuanberbahasaanakmelaluimetodeberceritadenganmembacakanbukuceritaanakkelompok
B di TK MuslimatNurulFahmi Semester II TahunPelajaran 2013/2014
|
Nilai : …….
+ …... =
|
Semarang,
26 Agusutus 2014
Ketua sekretaris
Sri Sayekti, SH. M.Pd FiftiIstiklaili,
M.Kes
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN
MEMBACAKAN BUKU CERITA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NURUL FAHMI SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh:
Nama
:Desikistanti
NPM
: 10261712
Jurusan: S1 PG-PAUD
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN (FIP)
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
VETERAN SEMARANG
2014
PENGESAHAN
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN
MEMBACAKAN BUKU CERITA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NURUL FAHMI SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DisusunOleh:
Nama :Desikistanti
NPM : 10261712
Jurusan:
S1 PG-PAUD
Mengetahui
Dekan FIP
IKIP Veteran Semaran
|
Ketua PSKGJ
PG-PAUD
|
Dra. SRI SAYEKTI, M.Si
NIP. 1961031119860320002
|
FIFTI ISTIKAILI, M.kes
NIY. 621051984
|
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE
BERCERITA DENGAN MEMBACAKAN BUKU CERITA ANAK KELOMPOK B DI TKMUSLIMATNURUL FAHMI TAHUN AJARAN
2013/2014
DesiKistanti,
Semarang, IKIP Veteran Semarang 2014.
Penelitianinibertujuan
: UntukmeningkatkanefektifitasMetode Bercerita dalam meningkatkan kemampuan
berbahasa anakdanimajinasianakkhususnyapadakemampuanmenyimak,
menceritakankembali, tanya/jawabdanmemahamikosa kata
denganmetodeberceritadenganmembacakanbukuceritaanak di TK MuslimatNurulFahmitahunpelajaran
2013/2014 .
Subyekpenelitianiniadalah
guru dananakpadaanakkelompok B TK MuslimatNurulFahmi yang berjumlah 14 anak
yang terdiridari 7 anaklaki-lakidan 7 anakperempuan.
Metode yang
digunakandalampenelitianiniadalahdenganobservasidansubjekdandokumentasi. Dari
hasilanalisi Bab IV disimpulkanbahwa “Metodeberceritadengan
membacakanbukuceritaanakdapatmeningkatkankemampuanberbahasaanakpadaanakkelompok
B di TK MuslimatNurulFahmitahunpelajaran 2013/2014. Rancanganpenelitiantindakankelasberbentuksiklus-siklusseolah-olahmerupakan
proses daurulang, mulaidaritahapperencanaan, pelaksanaantindakan,
observasidanrefleksi.
pada hasil
pemahaman anak dan daya imajinasi anak padatahapprasiklussekitar
43% . PadaSiklus I perkembanganbahasameningkat 7% menjadi 50% danimajinasianakmeningkat 14% menjadi 57% .
padaSiklus II meningkat 21,5%
menjadi 78,5%
daripemahamananakdandayaimajinasianakmeningkat 43% menjadi 86%.
Kata kunci:
Metodeberceritadenganmembacakanbukuceritaanak
DAFTAR HADIR
MAHASISWA
PADA UJIAN
SKRIPSI
Nama :
DesiKistanti
NPM :
10261712
Tempat/TanggalLahir : Pemalang, 16 Desember 1992
JenisKelamin : Perempuan
Alamat : Ds.
Sikasur Rt.04 Rw.IVBelikPemalang
PelaksanaanUjian : Selasa, 26 Agustus 2014
Waktu : 08.00
WIB sampaidenganselesai
Tempat :
RuangUjianSkripsiKampus IKIP Veteran Jl. PawiyatanLuhur IV Semarang
Semarang, 26 Agustus 2014
|
||||||
DesiKistanti
aSURAT PERNYATAAN
KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT
DALAM PENYELENGGARAAN PTK
Yang bertanda tangan dibawah
ini :
Nama : Nia kurniasih
Tempat Mengajar : TK Muslimat Nurul Fahmi
Alamat Sekolah : Dukuh kalikeji, Desa Bulakan,
Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.
Menyatakan bersedia sebagai
teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PTK atas nama :
Nama :
Desi kistanti
NPM :
10261712
Jurusan : PG PAUD
Alamat Sekolah :
Dukuh kalikeji, Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.
Demikian surat
pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
YAYASAN
MUSLIMAT NURUL FAHMI
KALIKEJI
DESA BULAKAN KECAMATAN BELIK
KABUPATEN
PEMALANG
SURAT
KETERANGAN
Nomor :020/TKM/V/KEP.PENY/2014
Yang
bertanda tangan dibawah ini Kepala TK Muslimat Nurul Fahmi Kalikeji-Bulakan
Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang,
Dengan ini
menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama : Desi kistanti
NPM : 10261712
Pekerjaan : Mahasiswi IKIP Veteran Semarang
Telah
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi siswa kelas B di TK Muslimat Nurul
Fahmi Kalikeji-Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran
2013/2014 yang dilaksanakan bulan April sampai dengan Juni.
Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk
dipergunakan sebagaimana mestinya.
Alamat : Dukuh kalikeji, Desa
Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang
YAYASAN
MUSLIMAT NURUL FAHMI
KALIKEJI
DESA BULAKAN KECAMATAN BELIK
KABUPATEN
PEMALANG
SURAT
IJIN PENELITIAN
Yang
bertanda tangan dibawah ini Kepala TK Muslimat Nurul Fahmi kalikeji Desa Bulaka
Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dengan ini memberikan ijin kepada :
Nama : Desi kistanti
NPM :10261712
Pekerjaan : Mahasiswi IKIP Veteran Semarang
Untuk
melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi siswa kelas B Semester II di TK
Muslimat Nurul Fahmi kalikeji Desa Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang
tahun pelajaran 2013/2014 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 10 April sampai
dengan 10 Juni 2014.
Demikian
surat ijin Penelitian Tindakan Kelas ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana
mestinya.
Alamat : Dukuh kalikeji, Desa
Bulakan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang
SURAT
PERYATAAN
Yang
bertanda tangan dibawah in :
Nama : Desi kistanti
NPM : 10261712
Jurusan : SIPG PAUD
Menyatakan
bahwa :
Nama : Nia kurniasih
Jabatan : Guru TK
Unit Kerja : TKMuslimat Nurul Fahmi kalikeji-Bulakan
Adalah teman
sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang
merupakan tugas mata kuliah skripsi.
Demikian
pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
|
No comments:
Post a Comment