UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN
AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDN 05 MENDELEM KECAMATAN BELIK KABUPATEN
PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN PEMANFAATANNYA
MELALUI MEDIA CERMIN
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional
Program S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka
Oleh
Nama : ISTI KHAROH
NIM : 823174728
Program Studi : S1 PGSD
Masa Ujian : 2014.1
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH PURWOKERTO
KELOMPOK BELAJAR RANDUDONGKAL KABUPATEN
PEMALANG
2014
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa :
ISTI KHAROH
NIM : 823174728
Program Studi :
S1 PGSD
Tempat Mengajar :
SD NEGERI 05 MENDELEM
Jumlah Siklus Pembelajaran :
2
Hari dan Tanggal Pelaksanaan : Siklus 1, Rabu, 19 Pebruari 2014
Siklus
2, Rabu, 26 Maret 2014
Masalah yang merupakan focus perbaikan :
1.
Bagaimana
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 05 Mendelem pada pelajaran IPA
semester II materi sifat-sifat cahaya
dan pemanfaatannya.
2.
Bagaimana
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 05 Mendelem pada pelajaran IPA
semester II materi sifat-sifat cahaya
dan pemanfaatannya.
Randudongkal, April 2014
Menyetujui
Supervisor 1,
MAKHRUS,
S.Pd.,M.Pd
NIP.
19641116 198803 1 007
|
Mahasiswa,
ISTI
KHAROH
NIM.
823174728
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu penulis panjatkan kehadirat Allah
S.W.T atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP ),
melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), sebagai syarat untuk memenuhi mata
kuliah PKP ( PDGK 4501) Program S.I PGSD Universitas Terbuka.
Penulis menyadari bahwa laporan ini tidak dapat
tersusun dan terselesaikan dengan baik tanpa adanya dukungan dari beberapa pihak. Oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak
Makhrus,S.Pd.,M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan
serta arahan dalam penulisan laporan ini.
2.
Bapak
Kusen, A.Ma.Pd selaku kepala SDN 05 Mendelem yang telah memberikan izin kepada
penulis untuk melaksanakan PTK di kelas V SDN 05 Mendelem .
3.
Bapak
Yusup Riyanto, S.Pd. Sd selaku penguji 2 dalam pelaksanaan PKP ini.
4.
Semua
pihak yang telah memberikan dorongan serta bantuan selama penulisan laporan
ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini
masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran dan kritik dari semua pihak
sangat diharapkan guna sempurnanya penulisan laporan PTK ini, Semoga hasil
laporan PTK ini bermanfaat bagi semua pihak.
Pemalang, April 2014
Penulis,
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL......................................................................................................i
LEMBAR
PENGESAHAN …..................................................................................ii LEMBAR PERNYATAAN BEBAS
PLAGIAT ................................................... iii
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………….iv
DAFTAR ISI ………...............................................................................................v
DAFTAR
TABEL …………………………………………...................................vi
DAFTAR GAMBAR
…………………………………………………………….vii
DAFTAR LAMPIRAN
…………………………….............................................viii
ABSTRAK
………………………………………………………………………..ix
BAB I
PENDAHULUAN ………………………………........................................1
A.
Latar Belakang
Masalah …………………...................................................1
B.
Rumusan
Masalah…………………………….............................................2
C.
Tujuan
Penelitian…………………………………………………...............3
D.
Manfaat
Penelitian……………………………………………….................3
BAB II KAJIAN
PUSTAKA ……………………………………………...............5
A.
Pengertian
Penelitian Tindakan Kelas……...................................................5
B.
Pengertian
Prestasi Belajar………………………………………................6
C.
Pengertian
Belajar dan Pembelajaran………................................................7
D.
Media
Pembelajaran IPA……………….....................................................11
E.
Karakteristik
Anak Usia SD………………................................................13
BAB
III PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN…14
A.
Subyek, Tempat
dan Waktu Penelitian……………………………...........14
B.
Desain Prosedur
Perbaikan Pembelajara………………………………….17
C.
Teknis Analisis
Data………………………………………………………22
BAB
IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………...24
A.
Deskripsi Hasil
Penelitian Perbaikan Pembelajaran…………………........24
B.
Pembahasan Hasil
Penelitian Perbaikan Pembelajara…………………….29
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN TINDAK LANJUT………………………..51
A.
Simpulan………………………………………………………..................51
B.
Saran Tindak
Lanjut……………………………………………................52
DAFTAR
PUSTAKA …………………………....................................................53
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel Jadwal
Perbaikan Pembelajaran IPA……………………………………….15
Tabel
Waktu Penelitian…………………………………………………………...16
Tabel
Daftar Nilai Siklus I………………………………………………………..33
Tabel
Analisis Nilai Siklus
I……………………………………………………..34
Tabel
Lembar Pengamatan Aktivitas Belajar Siswa Siklus I…………………….36
Tabel
Analisis Keaktifan Siswa Siklus I………………………………………….37
Tabel
Daftar Nilai Siklus II……………………………………………………….40
Tabel
Analisis Nilai Siklus II……………………………………………………..41
Tabel
Lembar Pengamatan Aktivitas Belajar Siswa Siklus II……………………43
Tabel
Anilisis Keaktifan Siswa Siklus II…………………………………………45
Tabel
Rekapitulasi Daftar Nilai IPA……………………………………………...46
Tabel
Rekapitulasi Keaktifan Siswa………………………………………………48
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Diagram Nilai
Siklus I……………………………………………………………35
Diagram Keaktifan
Siswa Siklus I………………………………………………..38
Diagram Nilai
Siklus II…………………………………………………………...43
Diagram
Keaktifan Siswa Siklus II……………………………………………….45
Diagram Nilai
IPA………………………………………………………………..48
Diagram
Keaktifan Siswa…………………………………………………………49
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.
Surat
Kesediaan Supervisor 2 sebagai Pembimbing PKP………………54
2.
Perencanaan
PTK ( Identifikasi Masalah, Analisis Masalah, Alternatif Pemecahan Masalah,
Rumusan Masalah )………………………………..55
3.
Berkas
RPP Prasiklus, RPP Perbaikan Siklus I, RPP Perbaikan Siklus
II………………………………………………………………………….56
4.
Lembar
Observasi/Pengamatan Kinerja Guru Terisi……………………...71
5.
Jurnal
Pembimbingan dengan Supervisor 2………………………………75
6.
Hasil
Pekerjaan Siswa yang Terbaik dan Terburuk per Siklus……………………………………………………………………...78
7.
Dokumentasi
Kegiatan Per Siklus………………………………………...84
ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BALAJAR DAN
AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDN 05 MENDELEM KECAMATAN BELIK KABUPATEN
PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA
DAN PEMANFAATANNYA MELALUI MEDIA CERMIN
Hasil
belajar IPA siswa kelas V pada
kompetensi dasar Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya belum sesuai harapan,
dari 36 siswa hanya 33.33% yang tuntas, padahal penulis mengaharapkan ketuntasan
belajar siswa mencapai 75%. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah : memenuhi
tugas mata kuliah PKP , meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media
dalam pembelajaran, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA
tentang sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya.Berdasarkan identifikasi masalah
yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa adalah pembelajaran siswa
hanya bersifat hafalan saja, tanpa pengertian, dan tanpa melibatkan siswa dalam
pembelajaran. Prosedur dalam penelitian ini adalah : perencanaan, tindakan,
observasi, refleksi.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media cermin dalam kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi dan
aktivitas belajar siswa kelas V dengan rata-rata nilai ulangan harian dari
59.44 menjadi 75.55 dengan tingkat ketuntasan dari 33% menjadi 86.11% dan
aktivitas belajar siswa dari 50% menjadi 86.11%.
Kata
Kunci : IPA, Cermin, Prestasi Belajar.
No comments:
Post a Comment