Monday, January 19, 2015

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

 






UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDN 05 MENDELEM KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN IPA  MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN PEMANFAATANNYA MELALUI MEDIA CERMIN

Disusun  untuk memenuhi tugas mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional
Program S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka
Oleh

                                   Nama                    : ISTI KHAROH
                                   NIM                      : 823174728
                                   Program Studi    : S1 PGSD
                                   Masa Ujian          : 2014.1

                                                  UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK  JAUH PURWOKERTO
KELOMPOK BELAJAR RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG
2014

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN
PEMBELAJARAN

Nama Mahasiswa                                : ISTI KHAROH
NIM                                                    : 823174728
Program Studi                                     : S1 PGSD
Tempat Mengajar                                : SD NEGERI 05 MENDELEM
Jumlah Siklus Pembelajaran                : 2
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            : Siklus 1, Rabu, 19 Pebruari 2014
                                                              Siklus 2, Rabu, 26 Maret 2014
Masalah yang merupakan focus perbaikan :
1.      Bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 05 Mendelem pada pelajaran IPA semester II materi sifat-sifat  cahaya dan pemanfaatannya.
2.      Bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 05 Mendelem pada pelajaran IPA semester II materi sifat-sifat  cahaya dan pemanfaatannya.


Randudongkal,  April 2014
Menyetujui
Supervisor 1,


MAKHRUS, S.Pd.,M.Pd
NIP. 19641116 198803 1 007

Mahasiswa,



ISTI KHAROH
NIM. 823174728




KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu penulis panjatkan kehadirat Allah S.W.T atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP ), melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP ( PDGK 4501) Program S.I PGSD Universitas Terbuka.
Penulis menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dan terselesaikan dengan baik tanpa adanya dukungan dari  beberapa pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Makhrus,S.Pd.,M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan serta arahan dalam penulisan laporan ini.
2.      Bapak Kusen, A.Ma.Pd selaku kepala SDN 05 Mendelem yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan PTK di kelas V SDN 05 Mendelem .
3.      Bapak Yusup Riyanto, S.Pd. Sd selaku penguji 2 dalam pelaksanaan PKP ini.
4.      Semua pihak yang telah memberikan dorongan serta bantuan selama penulisan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan guna sempurnanya penulisan laporan PTK ini, Semoga hasil laporan PTK ini bermanfaat bagi semua pihak.
Pemalang, April 2014
Penulis,


DAFTAR ISI
           Halaman
LEMBAR JUDUL......................................................................................................i
LEMBAR PENGESAHAN …..................................................................................ii                      LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT ................................................... iii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….iv
DAFTAR ISI ………...............................................................................................v
DAFTAR TABEL …………………………………………...................................vi
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………….vii
DAFTAR LAMPIRAN …………………………….............................................viii
ABSTRAK ………………………………………………………………………..ix
BAB I PENDAHULUAN ………………………………........................................1
A.      Latar Belakang Masalah …………………...................................................1
B.      Rumusan Masalah…………………………….............................................2
C.      Tujuan Penelitian…………………………………………………...............3
D.     Manfaat Penelitian……………………………………………….................3
BAB II KAJIAN PUSTAKA ……………………………………………...............5
A.      Pengertian Penelitian Tindakan Kelas……...................................................5
B.      Pengertian Prestasi Belajar………………………………………................6
C.      Pengertian Belajar dan Pembelajaran………................................................7
D.     Media Pembelajaran IPA……………….....................................................11
E.      Karakteristik Anak Usia SD………………................................................13
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN…14
A.      Subyek, Tempat dan Waktu Penelitian……………………………...........14
B.      Desain Prosedur Perbaikan Pembelajara………………………………….17
C.      Teknis Analisis Data………………………………………………………22
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………...24
A.      Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran…………………........24
B.      Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajara…………………….29
BAB V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT………………………..51         
A.      Simpulan………………………………………………………..................51
B.      Saran Tindak Lanjut……………………………………………................52
DAFTAR PUSTAKA …………………………....................................................53          



















DAFTAR TABEL
                                                                                                            Halaman
Tabel Jadwal Perbaikan Pembelajaran IPA……………………………………….15
Tabel Waktu Penelitian…………………………………………………………...16
Tabel Daftar Nilai Siklus I………………………………………………………..33
Tabel Analisis  Nilai Siklus I……………………………………………………..34
Tabel Lembar Pengamatan Aktivitas Belajar Siswa Siklus I…………………….36
Tabel Analisis Keaktifan Siswa Siklus I………………………………………….37
Tabel Daftar Nilai Siklus II……………………………………………………….40
Tabel Analisis Nilai Siklus II……………………………………………………..41
Tabel Lembar Pengamatan Aktivitas Belajar Siswa Siklus II……………………43
Tabel Anilisis Keaktifan Siswa Siklus II…………………………………………45
Tabel Rekapitulasi Daftar Nilai IPA……………………………………………...46
Tabel Rekapitulasi Keaktifan Siswa………………………………………………48









DAFTAR GAMBAR
                                                                                                            Halaman
Diagram Nilai Siklus I……………………………………………………………35
Diagram Keaktifan Siswa Siklus I………………………………………………..38
Diagram Nilai Siklus II…………………………………………………………...43
Diagram Keaktifan Siswa Siklus II……………………………………………….45
Diagram Nilai IPA………………………………………………………………..48
Diagram Keaktifan Siswa…………………………………………………………49















DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.      Surat Kesediaan Supervisor 2 sebagai Pembimbing PKP………………54
2.      Perencanaan PTK ( Identifikasi Masalah, Analisis Masalah, Alternatif Pemecahan Masalah, Rumusan Masalah )………………………………..55
3.      Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan Siklus I, RPP Perbaikan Siklus II………………………………………………………………………….56
4.      Lembar Observasi/Pengamatan Kinerja Guru Terisi……………………...71
5.      Jurnal Pembimbingan dengan Supervisor 2………………………………75
6.      Hasil Pekerjaan Siswa yang Terbaik dan Terburuk per Siklus……………………………………………………………………...78
7.      Dokumentasi Kegiatan Per Siklus………………………………………...84














ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BALAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SDN 05 MENDELEM KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DAN PEMANFAATANNYA MELALUI MEDIA CERMIN


Hasil belajar IPA siswa kelas V pada  kompetensi dasar Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya belum sesuai harapan, dari 36 siswa hanya 33.33% yang tuntas, padahal penulis mengaharapkan ketuntasan belajar siswa mencapai 75%. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah : memenuhi tugas mata kuliah PKP , meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya.Berdasarkan identifikasi masalah yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa adalah pembelajaran siswa hanya bersifat hafalan saja, tanpa pengertian, dan tanpa melibatkan siswa dalam pembelajaran. Prosedur dalam penelitian ini adalah : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cermin dalam kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas V dengan rata-rata nilai ulangan harian dari 59.44 menjadi 75.55 dengan tingkat ketuntasan dari 33% menjadi 86.11% dan aktivitas belajar siswa dari 50% menjadi 86.11%.





Kata Kunci : IPA, Cermin, Prestasi Belajar.




No comments:

Post a Comment