Thursday, December 11, 2014

CONTOH PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP) SIKLUS I



PELAKSANAAN  PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
SIKLUS I

Sekolah                         :   SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
 waktu                          :   2 x 35 menit (1 X pertemuan)

 I.   Standar Kompetensi      
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II. Kompetensi Dasar
2.3.  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
III.  Indikator
 a.)  Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
IV. Tujuan Pembelajaran :
       a.) Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
       b.) Siswa dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
       c.) Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
            daun
       Karakter siswa yang diharapkan :      
       a.) Disiplin
       b.) Rasa hormat dan perhatian,
       c.) Tekun
       d.) Tanggung jawab
       e.) Ketelitian
 V. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
         a. Bagi Guru
             1.) Untuk memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
             2.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran


   b. Bagi Siswa
  1.) Melalui pendekatan pembelajaran dengan metode Inquiry dapat               
        Meningkatkan minat belajar siswa.
2.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar  IPA
VI. Materi Ajar

Daun
Tumbuhan memiliki daun.Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun.Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
1)        Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun juga memiliki urat, Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun.Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar.  Bentuk tulang daun juga bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar.  Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.
2)        Fungsi Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki beberapa kegunaan yaitu:
                a.) Pembuatan makanan: Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan, makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
                b.) Pernapasan: Di permukaan daun terdapat mulut daun (stomata), melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kita merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
                 c.) Penguapan: Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.

VII.  Metode Pembelajaran
         a.) Ceramah bervariasi
         b.) Diskusi
         c.) Demonstrasi
         d.) Inquiry
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
         1.  Kegiatan Awal  (5 menit)
       Apersepsi :
  a.) “ Apakah peserta didik memiliki tanaman dirumah?
  b.)  “ Bagaimana bentuk daunnya?
         Motivasi :
a.)    Mengkondisikan siswa agar siap menerima dan tertarik untuk mengikuti  
       pelajaran
b.)    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan

2.      Kegiatan Inti  (50 menit)
a.)    Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya


b.)   Elaborasi
      Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.) Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
2.) Memahami tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan)
3.) Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuk helai     
     Daun :
      a.) Tulang daun menyirip
      b.) Tulang daun menjari
      c.) Tulang daun melengkung
      d.) Tulang daun sejajar
    Mendeskripsikan kegunaan daun :
     a.) Sebagai tempat pemasakan makanan
     b.) Sebagai alat pernapasan
     c.) Sebagai tempat terjadi proses penguapan
c.) Konfirmasi
     Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
                     1.) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi
                     2.) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan   
                           Pemahaman,memberikan penguatan.
3.)    KegiatanAkhir  (5 menit)
       Dalam kegiatan penutup, guru:
a.)     Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai materi yang belum
                       dipahami siswa
b.)    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi
c.)    Memberikan tes formatif dan mengoreksi hasil tes tersebut
d.)   Guru melakukan refleksi
e.)    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa PR


IX. Alat dan Sumber Belajar
1.   Sumber
a.) Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk.     Departemen Pendidikan Nasional. Hal 35-38.
b.) Sains  4 Mengamati Alam Semesta untuk Sd kelas IV BSE, maryati, dkk.  PT Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40.
2.      Alat
a.) Macam-macam daun


X.  Penilaian
a. Prosedur Tes      : Post Test
b.  Tekhnik            :  Tes
c.  Jenis                  :  Tertulis
d.  Bentuk                         :  Isian
e.  Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
Tugas Individu dan Kelompok
Laporan

Uraian Objektif
o  Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

      Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
     1.) Jelaskan fungsi daun sebagai pernapasan pada tumbuhan!
     2.) Carilah 3 contoh daun yang digunakan sebagai obat-obatan!
     3.) Jelaskan urat daun pada tumbuhan dikotill!
     4.) Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun sejajar!
     5.) Apa yang dimaksud dengan daun tunggal?

     Kunci Jawaban
1.)    Pernapasan pada tumbuhan, dipermukaan daun terdapat mulut daun , melalui mulut daun pertukaran gas terjadi, Daun mengambil karbondioksida dari udara dan
Melepas oksigen ke udara.
     
       2.)  a. daun salam
  b.  daun sirsak
  c. daun jambu biji
       3.)   Memiliki urat daun yang membentuk jaringan, bercabang-cabang hingga     
              Menjadi percabangan kecil dan membentuk susunan seperti jala
       4.)   a. padi
  b. Jagung
  c. Tebu
       5.)   Daun yang memiliki satu helai daun saja pada setiap tangkainya.

  Skor nilai
 Skor =    jumlah skor penilaian x 100
               Skor maksimal



                                                                                     Mendelem,     September 2013
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas IV



  Kusen A. Ma.Pd                                                          Nurdiyanah
  NIP : 19561214 198702 1 002                                    




Lampiran 4
Lembar Evaluasi Siswa Siklus I
Mata Pelajaran            :  IPA
Kelas/Semester            : IV/ I

NamaSiswa :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas

1)      Jelaskan fungsi daun sebagai pernapasan pada tumbuhan!
2)      Carilah 3 contoh daun yang digunakan sebagai obat-obatan!
3)      Jelaskan urat daun pada tumbuhan dikotill !
4)      Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun sejajar!
5)      Apa yang dimaksud dengan daun tunggal?

Jawaban
1.

2.

3.

4.

5.






Lampiran 6
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
SIKLUS I

Mata Pelajaran        : IPA
Kelas / Semester      : IV/ 1
Hari / tanggal          : Senin, 16  September 2013
Fokus Observasi      : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
Ketertarikan terhadap pembelajaran
Kerjasama dalam kelompok
Ketekunan dalam pembelajaran
Keberanian untuk bertanya
Keberanian untuk unjuk kerja
Tanggung jawab terhadap tugas
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
         Jumlah






Keterangan :
1 = Kurang sekali     4 = Baik
2 = Kurang                5 = Baik sekali                                   
3  = Cukup



Data keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Jml
Rt2
Tertarik
Kerja sama
Tekun
Ber tanya
Unjuk Krj
Tg Jwb
1
Riswanto
1
1
2
1
1
2
8
1
2
Fajar Abdi Subekti
2
2
1
1
1
2
9
2
3
Rasikin
1
2
1
2
1
2
9
2
4
Daisah
4
4
3
4
4
4
23
4
5
Sugi
2
1
2
1
1
2
9
2
6
Harto
1
1
2
1
1
2
8
1
7
Indra Saputra
2
2
1
1
1
2
9
2
8
Rindu Ardiyanto
3
3
2
2
2
3
15
3
9
Soleh
2
2
1
1
1
2
9
2
10
Danu Setiawan
4
4
3
4
4
4
23
4
11
Fitri Febriyanti
4
4
4
3
4
4
23
4
12
Ihwan
1
1
2
1
1
2
8
2
13
Jumantoro
4
4
4
3
4
4
23
4
14
Koko Uswanto
4
4
3
4
4
4
23
4
15
Kristiana
3
3
2
2
2
3
15
3
16
Naim Sohiron
1
2
1
2
1
2
9
2
17
Riyanah
4
4
4
3
4
4
23
4
18
Sapi’i
1
2
1
2
1
2
9
2
19
Siswanto
1
2
1
2
2
1
9
2
20
Uswatun Hasanah
4
4
4
3
4
4
23
4
21
Retno Wulan
3
3
2
2
2
3
15
3
22
Zaenal Dzul Ahyar
4
3
4
4
4
4
23
4
23
Krisna Wahyu F
1
2
1
2
1
2
9
2










Belik,   September  2013      

Pengamat


Yusup Riyanto, S.Pd.SD
NIP  19790216 200604 1 013




RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
SIKLUS II

Sekolah                         :   SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
 waktu                          :   2 x 35 menit (1 X pertemuan)

  I.  Standar Kompetensi      
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
 II.  Kompetensi Dasar
2.3  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
III.  Indikator
       a.)  Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
 IV. Tujuan Pembelajaran :
        a.) Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
        b.) Siswa dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
        c.) Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
            daun.
        Karakter siswa yang diharapkan       
       1.) Disiplin
       2.) Rasa hormat dan perhatian,
       3.) Tekun
       4.) Tanggung jawab
       5.) Ketelitian
 V. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
         1. Bagi Guru
             a.) Untuk memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
             b.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran


   2. Bagi Siswa
  a.)  Melalui pendekatan pembelajaran dengan metode Inquiry dapat                 
        meningkatkan minat belajar siswa.
b.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar  IPA
 VI. Materi Ajar
Daun
Tumbuhan memiliki daun. Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun. Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
1.      Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun juga memiliki urat, Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun.Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar.  Bentuk tulang daun juga bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar.  Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.
2.      Fungsi Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki beberapa kegunaan yaitu:
a.) Pembuatan makanan: Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan,  makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
 b.) Pernapasan: Di permukaan daun terdapat mulut daun (stomata), melalui  stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kita merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
 c.) Penguapan: Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.
VII. Metode Pembelajaran
        a.) Ceramah bervariasi
        b.) Diskusi
        c.) Demonstrasi
        d.) Inquiry
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi 
a.) “ Apakah peserta didik memiliki tanaman dirumah?
b.) “ Bagaimana bentuk daunnya?
Motivasi
1.) Mengkondisikan siswa agar siap menerima dan tertarik untuk mengikuti
     pelajaran
2.) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan

2.      Kegiatan Inti   (50 menit)
a.) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
                1.) Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan
                     fungsinya
                2.)Guru dan peserta didik mengadakan tanya jawab tentang struktur daun.
b.) Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    1.) Guru membentuk kelompok kerja
    2.) Guru melibatkan peserta didik  secara aktif dalam setiap kegiatan    dengan
         Melakukan pengamatan pada daun
    3.) Guru meminta setiap anggota kelompok secara bergiliran menyebutkan    
          Jenis daun berdasarkan tulang daun
  4.) Guru membagi LKS tentang struktur daun kepada masing-masing kelompok  dan setiap anggota kelompok bekerja dalam kelompok kerjanya.
  5.) Siswa secara bergilir mengamati struktur daun ( urat daun,tulang daun dan jenis daun)
  6.) Siswa secara bergilir menyebutkan struktur daun ( urat daun,tulang daun dan jenis daun) yang secara acak diambil oleh teman dalam kelompoknya
  7.) Selama siswa bekerja kelompok, guru berkeliling ketiap-tiapkelompok yang mungkin membutuhkan bimbingan dan memantau kerja kelompok sambil menilai keaktifan dan kekompakan / kerja sama dalam kelompok
  8.) Guru memanggil salah satu nomor anggota siswa supaya maju mewakilikelompoknya untuk menuliskan jawaban pada papan tulis.
  9.) Anggota kelompok lain dengan nomor yang sama mencocokkan dengan hasil pekerjaan siswa yang maju.
  10.) Guru bersama seluruh siswa membahas jawaban dari perwakilan
          kelompoknya
  11.) Setiap  anggota  kelompok mengecek jawaban mereka melalui kunci jawabanyang telah disediakan dalam LKS
  12.) Guru memberikan pujian kepada kelompok yang dapat menyebutkan jenis daun berdasarkan tulang daun dengan benar.
         c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
             1.) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi
             2.) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,  
                   Memberikan penguatan
3.      KegiatanAkhir   (5 menit )
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Semua anggota kelompok kembali ketempat semula untuk melaksanakan tes individu setiap akhir siklus.
b.      Siswa mengumpulkan pekerjaan tes formatif untuk diperiksa
c.       Kemudian dibuat skor nilai tes individu dan Skor nilai tim


IX. Alat dan Sumber Belajar
a.    Sumber
1.) Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk. Departemen  Pendidikan Nasional. Hal 35-38.
 2.) Sains  4 Mengamati Alam Semesta untuk Sd kelas IV BSE, maryati, dkk. PT  Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40
b.                                                      b.  Alat
1.) Macam-macam daun

X.  Penilaian:
a.  Prosedur Tes     :  Post Test
b.  Tekhnik            :  Tes
c.  Jenis                  :  Tertulis
d.  Bentuk                         :  Isian
e.  Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
Tugas Individu dan Kelompok
Laporan
Uraian Objektif
o  Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri

      Soal
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas
1.        Sebutkan fungsi utama daun pada tumbuhan!
2.        Sebutkan bagian –bagian daun yang lengkap!
3.        Jelaskan urat daun pada tumbuhan monokotil !
4.        Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun menjari!
5.        Apa yang dimaksud dengan daun majemuk?


Kunci Jawaban
1)  a.  Pembuatan makanan
   b. Pernafasan
   c. Penguapan
2)  Tulang daun,helai daun, urat daun, tangkai daun.
3)  Memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar
4)  a. Singkong
b. Pepaya
c. Karet
5)  Daun yang memilikibeberapa helai daun pada setiap tangkainya.


.    Skor nilai
Skor =    jumlah skor penilaian x 100
               Skor maksimal




                                                                                Mendelem,   September 2013

Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas IV



                                                                               

  Kusen A. Ma.Pd                                                    Nurdiyanah
  NIP : 19561214 198702 1 002                            



Lampiran 6
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
SIKLUS II

Mata Pelajaran        : IPA
Kelas / Semester      : IV/ 1
Hari / tanggal          : Senin, 30 September 2013
Fokus Observasi      : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
Ketertarikan terhadap pembelajaran
Kerjasama dalam kelompok
Ketekunan dalam pembelajaran
Keberanian untuk bertanya
Keberanian untuk unjuk kerja
Tanggung jawab terhadap tugas
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah






Keterangan :
1 = Kurang sekali     4  = Baik
2 = Kurang                5 = Baik Sekali
3 = Cukup
                       
Data keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Jml
Rt2
Tertarik
Kerja sama
Tekun
Ber tanya
Unjuk Krj
Tg Jwb
1
Riswanto
1
2
1
1
1
2
8
1
2
Fajar Abdi Subekti
4
4
3
4
4
4
23
4
3
Rasikin
4
4
4
4
3
4
23
4
4
Daisah
3
4
4
4
4
4
23
4
5
Sugi
4
3
4
4
4
4
23
4
6
Harto
1
2
1
1
2
2
9
2
7
Indra Saputra
4
3
4
4
4
4
23
4
8
Rindu Ardiyanto
4
4
4
4
3
4
23
4
9
Soleh
3
4
4
4
4
4
23
4
10
Danu Setiawan
4
3
4
4
4
4
23
4
11
Fitri Febriyanti
4
4
4
3
4
4
23
4
12
Ihwan
4
4
4
3
4
4
23
4
13
Jumantoro
5
5
4
5
4
4
27
5
14
Koko Uswanto
5
4
4
4
4
5
26
4
15
Kristiana
4
3
4
4
4
4
23
4
16
Naim Sohiron
3
4
4
4
4
4
23
4
17
Riyanah
5
5
4
4
4
5
27
5
18
Sapi’i
1
2
1
1
1
2
8
1
19
Siswanto
3
4
4
4
4
4
25
4
20
Uswatun Hasanah
5
5
4
4
4
5
27
5
21
Retno Wulan
3
4
4
4
4
4
23
4
22
Zaenal Dzul Ahyar
5
5
4
4
4
5
27
5
23
Krisna Wahyu F
3
4
4
4
4
4
23
4










Belik,   September  2013
Pengamat


Yusup Riyanto, S.Pd.SD
NIP  19790216 200604 1 013









RENCANA PELAKSANAAN  PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
PRA SIKLUS

Sekolah                         :   SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/1
Materi Pokok               :   Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
 waktu                          :   2 x 35 menit (1 X pertemuan)

 I.   Standar Kompetensi      
2.  Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
III.  Indikator
  o Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
IV. Tujuan Pembelajaran :
       a.) Siswa dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
       b.) Siswa dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
       c.) Siswa dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
            daun
       Karakter siswa yang diharapkan :      
       1.) Disiplin
       2.) Rasa hormat dan perhatian,
       3.) Tekun
       4.) Tanggung jawab
       5.) Ketelitian
 V. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
         a. Bagi Guru
             1.) Untuk memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
             2.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran


   b. Bagi Siswa
  1.) Melalui pendekatan pembelajaran dengan metode Inquiry dapat               
       meningkatakn minat belajar siswa
2.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar  IPA
VI. Materi Ajar
Daun
Tumbuhan memiliki daun.Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun.Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
         1.)  Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun juga memiliki urat, Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun.Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar.  Bentuk tulang daun juga bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar.  Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.
           2.) Fungsi Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki beberapa kegunaan yaitu:
                 a.) Pembuatan makanan: Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan, makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
                 b.) Pernapasan: Di permukaan daun terdapat mulut daun (stomata), melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kita merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
               c.) Penguapan: Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.

VII. Metode Pembelajaran
        a.) Ceramah bervariasi
        b.) Diskusi
        c.) Demonstrasi
        d.) Inquiry
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran.
   1.Kegiatan Awal  (5 menit)
      Apersepsi 
a.)     “ Apakah peserta didik memiliki tanaman dirumah?
b.)      “ Bagaimana bentuk daunnya?
      Motivasi
1.)    Mengkondisikan siswa agar siap menerima dan tertarik untuk  mengikuti
pelajaran
2.)  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan

        2.  Kegiatan Inti  (50 menit)
             a. Eksplorasi
  Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
                  1.)  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
             b. Elaborasi
  Dalam kegiatan elaborasi, guru:
                  1.) Menjelaskan  peta konsep tentang bagian tumbuhan
                  2.) Menjelaskan bagian-bagian lengkap terdiri atas:
   a.) Tulang daun
   b.) Helai daun
   c.) Tangkai daun
. d.) Pelapah daun
                  3.) Menjelaskan Fungsi  daun :
  a.) Sebagai tempat pemasakan makanan
  b.) Sebagai alat pernapasan
  c.) Sebagai tempat terjadi proses penguapan
           c. Konfirmasi
               Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
               1.) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi
               2.) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
                    Memberikan penguatan
3.  KegiatanAkhir  (5 menit)
 Dalam kegiatan penutup, guru:
           a.) Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman pembelajaran.Rangkuman
                pembelajaran berisi bentuk dan fungsi daun bagi tumbuhan
          b.) Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi
          c.) Memberikan tes formatif dan mengoreksi hasil tes tersebut



IX. Alat dan Sumber Pembelajaran
1.Sumber
           a.) Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk. Departemen Pendidikan Nasional. Hal 35-38.
           b.) Sains  4 Mengamati Alam Semesta untuk Sd kelas IV BSE, maryati, dkk. PT Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40
 2.Alat
          a.)Macam-macam daun


X. Penilaian:
a. Prosedur Tes      : Post Test
b.  Tekhnik            :  Tes
c.  Jenis                  :  Tertulis
d.  Bentuk                         :  Isian
e.  Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
Tugas Individu dan Kelompok
Laporan

Uraian Objektif
o  Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri


         Soal
    Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas !
1.) Apakah yang di maksud dengan daun?
2.) Sebutkan bagian-bagian daun yang lengkap!
3.) Carilah 3 contoh tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap!
4.) Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun melengkung!
5) Apa yang dimaksud dengan urat daun?

Kunci Jawaban
1)        Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari batang.
3)        a.Tulang daun
b.Helai daun
c.Tangkai daun
d.Pelapah daun
3)  Daun mangga,Daun padi dan Daun jagung.
4)  a.Sirih
b.Gadung
c.Genjer
5)  Susunan pembuluh pengangkut pada daun.






          Skor nilai

 Skor =    jumlah skor penilaian x 100
               Skor maksimal




                                                                                     Mendelem,     September 2013
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas IV



  Kusen A. Ma.Pd                                                          Nurdiyanah
  NIP : 19561214 198702 1 002                                    




Lampiran 4
Lembar Evaluasi Siswa Pra Siklus
Mata Pelajaran            :  IPA
Kelas/Semester            : IV/ I

NamaSiswa :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
1)      Apakah yang di maksud dengan daun?
2)      Sebutkan bagian-bagian daun yang lengkap!
3)      Carilah 3 contoh tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap!
4)      Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun melengkung!
5)      Apa yang dimaksud dengan urat daun?


Jawaban
1.

2.

3.

4.

5.






Lampiran 6
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
PRA SIKLUS

Mata Pelajaran        : IPA
Kelas / Semester      : IV/ 1
Hari / tanggal          : Senin,   September 2013
Fokus Observasi      : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
Aspek yang diamati
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
Ketertarikan terhadap pembelajaran
Kerjasama dalam kelompok
Ketekunan dalam pembelajaran
Keberanian untuk bertanya
Keberanian untuk unjuk kerja
Tanggung jawab terhadap tugas
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
Jumlah






Keterangan :
1 = Kurang sekali     4  = Baik
2 = Kurang                5 = Baik Sekali                                  
3 = Cukup
Data keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
Nama Siswa
                   Aspek yang Diamati
Jml
Rt2
Tertarik
Kerja sama
Tekun
Ber tanya
Unjuk Krj
Tg Jwb
1
Riswanto
1
2
1
2
1
1
8
1
2
Fajar Abdi Subekti
1
2
1
2
1
2
9
2
3
Rasikin
1
2
1
2
1
2
9
2
4
Daisah
3
3
2
3
2
2
15
3
5
Sugi
1
2
1
2
1
2
9
2
6
Harto
1
2
1
2
1
1
8
1
7
Indra Saputra
2
1
2
1
2
1
9
2
8
Rindu Ardiyanto
3
3
2
3
2
2
13
3
9
Soleh
1
2
1
2
1
2
9
2
10
Danu Setiawan
4
4
3
4
4
4
23
4
11
Fitri Febriyanti
3
3
2
3
2
2
15
3
12
Ihwan
1
2
1
2
1
2
9
2
13
Jumantoro
2
1
1
1
2
2
9
2
14
Koko Uswanto
4
4
3
4
4
4
23
4
15
Kristiana
3
3
2
3
2
2
15
3
16
Naim Sohiron
1
2
1
2
1
1
8
1
17
Riyanah
4
4
3
4
4
4
23
4
18
Sapi’i
1
2
1
2
1
1
8
1
19
Siswanto
1
1
2
2
1
1
8
1
20
Uswatun Hasanah
4
4
3
4
4
4
23
4
21
Retno Wulan
1
2
1
2
1
2
9
2
22
Zaenal Dzul Ahyar
4
4
3
4
4
4
23
4
23
Krisna Wahyu F
2
1
2
1
2
1
9
2










Belik,   September  2013      
Pengamat


Yusup Riyanto, S.Pd.SD
NIP  19790216 200604 1 013



No comments:

Post a Comment