Lampiran 3
PELAKSANAAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
SIKLUS I
Sekolah : SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok :
Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu : 2 x 35 menit (1
X pertemuan)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
Kompetensi
Dasar
2.3. Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
III. Indikator
a.) Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
a.) Siswa
dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
b.) Siswa
dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
c.) Siswa
dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
daun
Karakter
siswa yang diharapkan :
a.) Disiplin
b.) Rasa
hormat dan perhatian,
c.) Tekun
d.) Tanggung
jawab
e.) Ketelitian
V. Tujuan Perbaikan
Pembelajaran
a. Bagi
Guru
1.) Untuk
memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
2.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran
b. Bagi Siswa
1.) Melalui
pendekatan pembelajaran dengan metode Inquiry dapat
Meningkatkan minat belajar siswa.
2.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar IPA
VI. Materi
Ajar
Daun
Tumbuhan memiliki daun.Daun
merupakan bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya
berbentuk tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna
klorofil yang ada pada daun.Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah,
atau ungu.
1)
Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri
atas tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun
juga memiliki urat, Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada
daun.Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan
tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun
secara sejajar. Bentuk tulang daun juga
bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu
helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki
beberapa helai daun di setiap tangkainya.
2)
Fungsi Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki
beberapa kegunaan yaitu:
a.) Pembuatan makanan: Di dalam
daun terjadi proses pembuatan makanan, makanan ini digunakan tumbuhan untuk
kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
b.) Pernapasan: Di permukaan
daun terdapat mulut daun (stomata), melalui
stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan
melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kita merasa nyaman
saat berada di bawah pohon pada siang hari.
c.) Penguapan: Tidak semua air
yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat
menyebabkan tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang
melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air
dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.
VII. Metode Pembelajaran
a.) Ceramah bervariasi
b.) Diskusi
c.) Demonstrasi
d.) Inquiry
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi :
a.) “ Apakah peserta didik memiliki
tanaman dirumah?
b.) “ Bagaimana bentuk daunnya?
Motivasi :
a.)
Mengkondisikan
siswa agar siap menerima dan tertarik untuk mengikuti
pelajaran
b.)
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
|
|
2. Kegiatan Inti (50 menit)
a.)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. dapat Menjelaskan hubungan antara
struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
b.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.) Memahami peta konsep tentang bagian tumbuhan
2.) Memahami tentang daun melalui pengamatan langsung (kegiatan)
3.) Mengelompokan tulang daun yang mempengaruhi bentuk helai
Daun :
a.) Tulang daun menyirip
b.) Tulang daun menjari
c.) Tulang daun melengkung
d.) Tulang daun sejajar
Mendeskripsikan kegunaan daun :
a.) Sebagai tempat pemasakan makanan
b.) Sebagai alat pernapasan
c.) Sebagai tempat terjadi proses penguapan
c.) Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
berkaitan dengan materi
2.) Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan
Pemahaman,memberikan
penguatan.
3.)
KegiatanAkhir (5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.)
Guru dan peserta didik bertanya jawab
mengenai materi yang belum
dipahami siswa
b.) Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan materi
c.) Memberikan tes formatif dan mengoreksi
hasil tes tersebut
d.) Guru melakukan refleksi
e.) Memberikan arahan tindak lanjut
pembelajaran, dapat berupa PR
|
|
IX. Alat dan Sumber Belajar
1.
Sumber
a.) Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk. Departemen
Pendidikan Nasional. Hal 35-38.
b.) Sains 4 Mengamati Alam Semesta
untuk Sd kelas IV BSE, maryati, dkk. PT Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40.
2.
Alat
a.) Macam-macam daun
|
X. Penilaian
a. Prosedur Tes : Post Test
b. Tekhnik : Tes
c. Jenis : Tertulis
d. Bentuk :
Isian
e. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
o
Jelaskanlah
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Soal
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
1.) Jelaskan
fungsi daun sebagai pernapasan pada tumbuhan!
2.) Carilah
3 contoh daun yang digunakan sebagai obat-obatan!
3.) Jelaskan
urat daun pada tumbuhan dikotill!
4.) Carilah
3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun sejajar!
5.) Apa
yang dimaksud dengan daun tunggal?
Kunci Jawaban
1.) Pernapasan
pada tumbuhan, dipermukaan daun terdapat mulut daun , melalui mulut daun
pertukaran gas terjadi, Daun mengambil karbondioksida dari udara dan
Melepas
oksigen ke udara.
2.) a. daun salam
b. daun sirsak
c. daun jambu biji
3.) Memiliki urat daun yang membentuk jaringan,
bercabang-cabang hingga
Menjadi percabangan kecil dan membentuk susunan seperti jala
4.) a. padi
b. Jagung
c. Tebu
5.) Daun yang memiliki satu helai daun saja pada
setiap tangkainya.
Skor nilai
Skor =
jumlah skor penilaian x 100
Skor maksimal
Mendelem, September 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
Kusen
A. Ma.Pd Nurdiyanah
NIP
: 19561214 198702 1 002
Lampiran 4
Lembar Evaluasi Siswa Siklus I
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/ I
NamaSiswa :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar dan jelas
1) Jelaskan
fungsi daun sebagai pernapasan pada tumbuhan!
2) Carilah
3 contoh daun yang digunakan sebagai obat-obatan!
3) Jelaskan
urat daun pada tumbuhan dikotill !
4) Carilah
3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun sejajar!
5) Apa
yang dimaksud dengan daun tunggal?
Jawaban
1.
2.
3.
4.
5.
Lampiran
6
LEMBAR
OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
SIKLUS
I
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV/ 1
Hari
/ tanggal : Senin, 16 September 2013
Fokus Observasi : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
|
Aspek
yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
2
3
4
5
6
|
Ketertarikan terhadap
pembelajaran
Kerjasama dalam
kelompok
Ketekunan dalam
pembelajaran
Keberanian untuk
bertanya
Keberanian untuk
unjuk kerja
Tanggung jawab
terhadap tugas
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1
= Kurang sekali 4 = Baik
2
= Kurang 5 =
Baik sekali
3 = Cukup
Data
keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Jml
|
Rt2
|
|||||
Tertarik
|
Kerja sama
|
Tekun
|
Ber tanya
|
Unjuk Krj
|
Tg Jwb
|
||||
1
|
Riswanto
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
8
|
1
|
2
|
Fajar Abdi Subekti
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
9
|
2
|
3
|
Rasikin
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
4
|
Daisah
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
5
|
Sugi
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
9
|
2
|
6
|
Harto
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
8
|
1
|
7
|
Indra Saputra
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
9
|
2
|
8
|
Rindu Ardiyanto
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
15
|
3
|
9
|
Soleh
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
9
|
2
|
10
|
Danu Setiawan
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
11
|
Fitri Febriyanti
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
12
|
Ihwan
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
8
|
2
|
13
|
Jumantoro
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
14
|
Koko Uswanto
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
15
|
Kristiana
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
15
|
3
|
16
|
Naim Sohiron
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
17
|
Riyanah
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
18
|
Sapi’i
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
19
|
Siswanto
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
9
|
2
|
20
|
Uswatun Hasanah
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
21
|
Retno Wulan
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
15
|
3
|
22
|
Zaenal Dzul Ahyar
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
23
|
Krisna Wahyu F
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
|
Belik,
September
2013
Pengamat
Yusup
Riyanto, S.Pd.SD
NIP 19790216 200604 1 013
RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
SIKLUS II
Sekolah : SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok :
Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu : 2 x 35 menit (1
X pertemuan)
I. Standar
Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II. Kompetensi
Dasar
2.3
Menjelaskan hubungan antara struktur
daun tumbuhan dengan fungsinya
III. Indikator
a.) Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
IV. Tujuan Pembelajaran :
a.) Siswa
dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
b.) Siswa
dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
c.) Siswa
dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
daun.
Karakter
siswa yang diharapkan
1.) Disiplin
2.) Rasa
hormat dan perhatian,
3.) Tekun
4.) Tanggung
jawab
5.) Ketelitian
V. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1. Bagi
Guru
a.)
Untuk memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
b.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran
2. Bagi Siswa
a.) Melalui pendekatan pembelajaran dengan metode
Inquiry dapat
meningkatkan minat belajar siswa.
b.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar IPA
VI. Materi Ajar
Daun
Tumbuhan memiliki daun. Daun merupakan
bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya berbentuk
tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang
ada pada daun. Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
1. Struktur
Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun,
helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun juga memiliki urat,
Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun.Tumbuhan dikotil
memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan tumbuhan monokotil
memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara
sejajar. Bentuk tulang daun juga
bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu
helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki
beberapa helai daun di setiap tangkainya.
2. Fungsi
Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki beberapa kegunaan yaitu:
a.) Pembuatan makanan:
Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan, makanan ini digunakan tumbuhan untuk
kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
b.) Pernapasan: Di permukaan daun terdapat
mulut daun (stomata), melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil
karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang
menyebabkan kita merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
c.) Penguapan: Tidak semua air yang diserap
akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat menyebabkan
tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui
mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air dikeluarkan
melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.
VII.
Metode Pembelajaran
a.) Ceramah bervariasi
b.) Diskusi
c.) Demonstrasi
d.) Inquiry
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi
a.) “ Apakah peserta didik memiliki tanaman dirumah?
b.) “ Bagaimana bentuk daunnya?
Motivasi
1.) Mengkondisikan siswa agar siap menerima dan tertarik untuk mengikuti
pelajaran
2.) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
|
|
2.
Kegiatan Inti (50 menit)
a.) Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.) Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara
struktur daun tumbuhan dengan
fungsinya
2.)Guru dan peserta didik
mengadakan tanya jawab tentang struktur daun.
b.) Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.) Guru membentuk kelompok kerja
2.) Guru melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap
kegiatan dengan
Melakukan pengamatan pada daun
3.) Guru meminta setiap anggota
kelompok secara bergiliran menyebutkan
Jenis daun berdasarkan tulang daun
4.) Guru membagi LKS tentang
struktur daun kepada masing-masing kelompok dan setiap anggota
kelompok bekerja dalam kelompok kerjanya.
5.) Siswa secara bergilir mengamati
struktur daun ( urat daun,tulang daun dan jenis daun)
6.) Siswa secara bergilir
menyebutkan struktur daun ( urat daun,tulang daun dan jenis daun) yang secara
acak diambil oleh teman dalam kelompoknya
7.) Selama siswa bekerja kelompok,
guru berkeliling ketiap-tiapkelompok yang mungkin membutuhkan bimbingan dan
memantau kerja kelompok sambil menilai keaktifan dan kekompakan / kerja sama
dalam kelompok
8.) Guru
memanggil
salah satu nomor anggota siswa supaya maju mewakilikelompoknya untuk menuliskan jawaban pada
papan tulis.
9.) Anggota kelompok lain dengan
nomor yang sama mencocokkan dengan hasil pekerjaan siswa yang maju.
10.) Guru bersama seluruh siswa membahas jawaban
dari perwakilan
kelompoknya
11.) Setiap anggota
kelompok mengecek jawaban mereka melalui kunci jawabanyang telah
disediakan dalam LKS
12.) Guru memberikan pujian kepada
kelompok yang dapat menyebutkan jenis daun berdasarkan tulang daun dengan
benar.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
1.) Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
berkaitan dengan materi
2.) Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman,
Memberikan penguatan
3.
KegiatanAkhir (5 menit )
Dalam kegiatan
penutup, guru:
a. Semua anggota kelompok kembali ketempat
semula untuk melaksanakan tes individu setiap akhir siklus.
b. Siswa mengumpulkan pekerjaan tes
formatif untuk diperiksa
c. Kemudian dibuat skor nilai tes individu
dan Skor nilai tim
|
|
IX. Alat dan Sumber Belajar
a.
Sumber
1.) Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk. Departemen Pendidikan
Nasional. Hal 35-38.
2.) Sains 4 Mengamati Alam Semesta untuk Sd kelas IV
BSE, maryati, dkk. PT Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40
b.
b. Alat
1.) Macam-macam daun
|
X. Penilaian:
a. Prosedur Tes :
Post Test
b. Tekhnik : Tes
c. Jenis : Tertulis
d. Bentuk :
Isian
e. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan
dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Jelaskanlah bagian daun tumbuhan dan
fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Soal
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas
1.
Sebutkan fungsi utama daun pada
tumbuhan!
2.
Sebutkan bagian –bagian daun yang
lengkap!
3.
Jelaskan urat daun pada tumbuhan
monokotil !
4.
Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki
tulang daun menjari!
5.
Apa yang dimaksud dengan daun majemuk?
Kunci
Jawaban
1) a. Pembuatan makanan
b. Pernafasan
c. Penguapan
2) Tulang daun,helai daun, urat daun, tangkai
daun.
3) Memiliki urat daun yang memanjang dari
pangkal ke ujung daun secara sejajar
4) a. Singkong
b.
Pepaya
c.
Karet
5) Daun yang memilikibeberapa helai daun pada
setiap tangkainya.
. Skor nilai
Skor = jumlah
skor penilaian x 100
Skor maksimal
Mendelem, September
2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
IV
Kusen
A. Ma.Pd
Nurdiyanah
NIP
: 19561214 198702 1 002
Lampiran
6
LEMBAR
OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
SIKLUS
II
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV/ 1
Hari
/ tanggal : Senin, 30 September 2013
Fokus Observasi : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
|
Aspek yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
2
3
4
5
6
|
Ketertarikan
terhadap pembelajaran
Kerjasama
dalam kelompok
Ketekunan
dalam pembelajaran
Keberanian
untuk bertanya
Keberanian
untuk unjuk kerja
Tanggung
jawab terhadap tugas
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1
= Kurang sekali 4 = Baik
2
= Kurang
5 = Baik Sekali
3 = Cukup
3 = Cukup
Data
keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Jml
|
Rt2
|
|||||
Tertarik
|
Kerja sama
|
Tekun
|
Ber tanya
|
Unjuk Krj
|
Tg Jwb
|
||||
1
|
Riswanto
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
8
|
1
|
2
|
Fajar Abdi Subekti
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
3
|
Rasikin
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
23
|
4
|
4
|
Daisah
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
5
|
Sugi
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
6
|
Harto
|
1
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
2
|
7
|
Indra Saputra
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
8
|
Rindu Ardiyanto
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
23
|
4
|
9
|
Soleh
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
10
|
Danu Setiawan
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
11
|
Fitri Febriyanti
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
12
|
Ihwan
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
23
|
4
|
13
|
Jumantoro
|
5
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
27
|
5
|
14
|
Koko Uswanto
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
26
|
4
|
15
|
Kristiana
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
16
|
Naim Sohiron
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
17
|
Riyanah
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
5
|
27
|
5
|
18
|
Sapi’i
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
8
|
1
|
19
|
Siswanto
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
25
|
4
|
20
|
Uswatun Hasanah
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
5
|
27
|
5
|
21
|
Retno Wulan
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
22
|
Zaenal Dzul Ahyar
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
5
|
27
|
5
|
23
|
Krisna Wahyu F
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Belik,
September
2013
Pengamat
Yusup
Riyanto, S.Pd.SD
NIP 19790216 200604 1 013
RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN (RPP)
PRA SIKLUS
Sekolah : SD Negeri 05 Mendelem
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok :
Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
waktu : 2 x 35 menit (1
X pertemuan)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
Kompetensi
Dasar
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur
daun tumbuhan dengan fungsinya
III. Indikator
o Menunjukan bagian-bagian daun dan fungsinya
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
a.) Siswa
dapat Mendeskripsikan daun pada tumbuhan
b.) Siswa
dapat Mengambarkan berbagai jenis daun
c.) Siswa
dapat Menjelaskan bahwa bentuk daun dipengaruhi oleh susunan tulang
daun
Karakter
siswa yang diharapkan :
1.) Disiplin
2.) Rasa
hormat dan perhatian,
3.) Tekun
4.) Tanggung
jawab
5.) Ketelitian
V. Tujuan Perbaikan Pembelajaran
a. Bagi
Guru
1.) Untuk
memperbaiki pembelajaran dengan sasaran hasil belajar siswa
2.) Untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengelola pembelajaran
b. Bagi Siswa
1.) Melalui
pendekatan pembelajaran dengan metode Inquiry dapat
meningkatakn minat belajar siswa
2.) Melalui metode pembelajaran Inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar IPA
VI. Materi
Ajar
Daun
Tumbuhan memiliki daun.Daun
merupakan bagian tumbuhan yang tumbuhan yang tumbuh dari batang.Daun umumnya
berbentuk tipis dan berwarna hijau.Warna hijau tersebut disebabkan warna
klorofil yang ada pada daun.Namun daun ada juga yang berwarna kuning, merah,
atau ungu.
1.)
Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri
atas tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun.Selain itu daun
juga memiliki urat, Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada
daun.Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan sedangkan
tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun
secara sejajar. Bentuk tulang daun juga
bermacam-macam antara lain menyirip, melengkung, menjari dan sejajar. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu
helai daun disetiap tangkainya, sedangkan daun majemuk adalah yang memiliki
beberapa helai daun di setiap tangkainya.
2.) Fungsi Daun
Bagi tumbuhan daun memiliki
beberapa kegunaan yaitu:
a.) Pembuatan makanan: Di
dalam daun terjadi proses pembuatan makanan, makanan ini digunakan tumbuhan
untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan
b.) Pernapasan: Di permukaan
daun terdapat mulut daun (stomata), melalui
stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan
melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kita merasa nyaman
saat berada di bawah pohon pada siang hari.
c.) Penguapan: Tidak semua air
yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air jika tidak dibuang dapat
menyebabkan tumbuhan busuk dan mati, sebagian air yang tidak digunakan dibuang
melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari kelebihan air
dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.
VII.
Metode Pembelajaran
a.) Ceramah bervariasi
b.) Diskusi
c.) Demonstrasi
d.) Inquiry
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran.
1.Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi
a.) “ Apakah peserta didik memiliki tanaman
dirumah?
b.) “ Bagaimana bentuk daunnya?
Motivasi
1.) Mengkondisikan
siswa agar siap menerima dan tertarik untuk mengikuti
pelajaran
2.) Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
|
|
2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.) Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.) Menjelaskan peta konsep tentang bagian tumbuhan
2.) Menjelaskan
bagian-bagian lengkap terdiri atas:
a.) Tulang daun
b.) Helai daun
c.) Tangkai daun
. d.) Pelapah daun
3.) Menjelaskan Fungsi daun :
a.) Sebagai tempat pemasakan makanan
b.) Sebagai alat pernapasan
c.) Sebagai tempat terjadi proses penguapan
c. Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1.) Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi
2.) Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
Memberikan penguatan
3. KegiatanAkhir
(5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.)
Guru
membimbing peserta didik membuat rangkuman pembelajaran.Rangkuman
pembelajaran berisi bentuk dan
fungsi daun bagi tumbuhan
b.) Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan materi
c.) Memberikan tes formatif dan mengoreksi
hasil tes tersebut
|
|
IX. Alat dan Sumber Pembelajaran
1.Sumber
a.) Ilmu Pengetahuan
Alam untuk SD/MI BSE, Wahyono Budi, dkk. Departemen Pendidikan Nasional. Hal
35-38.
b.) Sains 4 Mengamati Alam Semesta untuk Sd kelas IV
BSE, maryati, dkk. PT Sinergi Pustaka Indonesia. Hal 40
2.Alat
a.)Macam-macam daun
|
X.
Penilaian:
a. Prosedur Tes : Post Test
b. Tekhnik : Tes
c. Jenis : Tertulis
d. Bentuk :
Isian
e. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengidentifikasi
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
o
Jelaskanlah
bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
|
Soal
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas !
1.)
Apakah yang di maksud dengan daun?
2.)
Sebutkan bagian-bagian daun yang lengkap!
3.)
Carilah 3 contoh tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap!
4.)
Carilah 3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun melengkung!
5)
Apa yang dimaksud dengan urat daun?
Kunci Jawaban
1)
Daun merupakan bagian tumbuhan yang
tumbuh dari batang.
3)
a.Tulang daun
b.Helai
daun
c.Tangkai
daun
d.Pelapah
daun
3) Daun
mangga,Daun padi dan Daun jagung.
4) a.Sirih
b.Gadung
c.Genjer
5)
Susunan pembuluh pengangkut pada daun.
Skor nilai
Skor =
jumlah skor penilaian x 100
Skor maksimal
Mendelem, September 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
Kusen
A. Ma.Pd Nurdiyanah
NIP
: 19561214 198702 1 002
Lampiran 4
Lembar Evaluasi Siswa Pra Siklus
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/ I
NamaSiswa :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar dan jelas!
1) Apakah
yang di maksud dengan daun?
2) Sebutkan
bagian-bagian daun yang lengkap!
3) Carilah
3 contoh tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap!
4) Carilah
3 contoh tumhuhan yang memiliki tulang daun melengkung!
5) Apa
yang dimaksud dengan urat daun?
Jawaban
1.
2.
3.
4.
5.
Lampiran
6
LEMBAR
OBSERVASI PEMBELAJARAN IPA
PRA SIKLUS
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV/ 1
Hari
/ tanggal : Senin, September 2013
Fokus Observasi : Keaktifan siswa dalam penerapan metode Inquiry.
No
|
Aspek yang diamati
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
2
3
4
5
6
|
Ketertarikan
terhadap pembelajaran
Kerjasama
dalam kelompok
Ketekunan
dalam pembelajaran
Keberanian
untuk bertanya
Keberanian
untuk unjuk kerja
Tanggung
jawab terhadap tugas
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1
= Kurang sekali 4 =
Baik
2
= Kurang 5 =
Baik Sekali
3 = Cukup
Data
keaktifan siswa selama proses pembelajaran :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang Diamati
|
Jml
|
Rt2
|
|||||
Tertarik
|
Kerja sama
|
Tekun
|
Ber tanya
|
Unjuk Krj
|
Tg Jwb
|
||||
1
|
Riswanto
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
8
|
1
|
2
|
Fajar Abdi Subekti
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
3
|
Rasikin
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
4
|
Daisah
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
2
|
15
|
3
|
5
|
Sugi
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
6
|
Harto
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
8
|
1
|
7
|
Indra Saputra
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
9
|
2
|
8
|
Rindu Ardiyanto
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
2
|
13
|
3
|
9
|
Soleh
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
10
|
Danu Setiawan
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
11
|
Fitri Febriyanti
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
2
|
15
|
3
|
12
|
Ihwan
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
13
|
Jumantoro
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
2
|
14
|
Koko Uswanto
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
15
|
Kristiana
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
2
|
15
|
3
|
16
|
Naim Sohiron
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
8
|
1
|
17
|
Riyanah
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
18
|
Sapi’i
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
1
|
8
|
1
|
19
|
Siswanto
|
1
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
8
|
1
|
20
|
Uswatun Hasanah
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
21
|
Retno Wulan
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
9
|
2
|
22
|
Zaenal Dzul Ahyar
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
23
|
4
|
23
|
Krisna Wahyu F
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
9
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Belik,
September
2013
Pengamat
Yusup
Riyanto, S.Pd.SD
NIP 19790216 200604 1 013
No comments:
Post a Comment